Class Review 6 : Mujahadah Terhadap Sejarah



Mujahadah Terhadap Sejarah
Keberanian merupakan modal utama yang harus dimiliki terutama untuk menghadapi kerasnya persaingan dunia teutma pada era sekarang ini. Begitu banyaknya cobaan, godaan, dan persaingan. Bagaimana cara untuk maju, menghancurkan ketidakadilan. Begitu sulit untuk menanamkan hal tersebut, seperti halnya Howard Zinn yang begitu berani untuk mengungkapkan fakta yang selama ini terpendam.

Howard Zinn telah menngungkapkan kebohongan dari seorang chestopher Columbus. Columbus bersama bala tentaranya adalah seorang penjajah dan ia juga seorang pembunuh yyang lebih parahnya ia telah membuat sejarah palsu dari fakta yang ada semuanya telah direkayasa olehnya. Setelah beratus-ratus tahun belum kelihatan bukti tersebut. Akhirnya ada seorang sejarawan yang menemukan artefak-artefak atau bukti-bukti kehidupan manusia sebelum mereka berhijrah, ditemukan tulisan-tulisan kaligrafi arab sebagai bukti bahwa ada seorang muslim yang pernah bersinggah disana.
Pada pertemuan ke -6 ini yaitu pada tanggal 10 maret 2014 . sebenarnya pada pertemuan itu saya tidak berangkat,namun saya tidak lupa untuk menanyakan materinya kepa teman-temanya .entah kenapa pada hari itu teman-teman saya juga ada yang tidak berangkat .seperti idris dan apif . karena adanya kendala yang saya alami yang membuat saya bisa mengikuti kuliah MR.Lala pada saat itu tugas hari itu hanya class review sajah, dan persiapan untuk membuat teks free raiting tentang khowared zinn. Pada saat MR. Lala masuk kemudian ia memberikan slide presentasi setelah itu beliau berkeliling class untuk mengecek claas review satu persatu.
Menurut Fowler (1996:10) ‘alhi sejarah yang kritis itu memahami ilmu sosial, ekonomi, dan politik’ (1996:12) mengatakan bahwa ideologi adalah jalur dari perantara dan intrumen proses pembuatan sejarah. Berkaitan dengan ideologi, ideologi ada pada setiap text baik itu diucapkan, ditulis, didengarkan, atau dilihat atau bisa juga gabungan antara semuanya.
Menurut Mr. Lala pembuatan text itu tidak pernah netral yang dikutip dari lehtonen 2000 dan fair clough ; 1989,1992, 1995 dan 2000. Sedangkan kalu menurut bapak Chaedar Alwasilah 2001 ; 2012 literasi itu tidak pernah netral. Lebihnya membaca dan menulis selalu termotivasi oleh ideologi.
Kita harus selalu ingat bahwa pelajaran menulis di universitas sering menggunakan bentuk persuasion-convincing satu sama lainnya yang membuat ketertarikan poin yang bisa diterima oleh akal dari sudut pandang yang sesuai dengan topic yang sedang dipelajari. Sunguh sangat rumit sekali mata kuliah writing ini sehingga memusingkan kepala.
Pada pertemuan itu juga mr. Lala membahas tentang thesis statemet, ini harus dimiliki oleh setiap penulis, dan pada critical review tentang Howard Zinn itu harus ditentukan yang mana thesis statement nya. Sepertinya ini akan menjadi tugas yang sangat berat. Thesis statement ini yang menentukan mana gagasan utama pada suatu text, kemudian kita kembangkan thesis statement tersebut.
Kembali lagi kepada Howard Zinn karena kemarin Mr. Lala menugaskan kepada kami untuk mencari tahu kenapa Dr. Howard Zinn pergi ke India. Pada suatu artikel dijelaskan tujuan Zinn adalah untuk mengungkapkan kebenaran dunia. Di benua Amerika awalnya ada orang-orang atau bisa dikatakan ada suku yyang lebih dulu tiba sebelum Columbus tiba di benua Amerika dan sebenarnya jaraknya sangat lama, yang pertama kali yang singgah disana adalah orang Indian.
Kata Indian ini sama dengan indonesian yang artinya orang Indonesia, dan Indian juga berarti orang-orang India. Disini mungkin bisa saja Dr. Zinn ini penasaran akan negara dan orang-orang India oleh karenanya ia benar-benar ingin tahu pasti dan ingin membuktikan kepada dunia bahwa Columbus itu telah mengbohongi mata dunia.
Disinilah arti dan peran sejarah bersifat dinamis manakala kebenaran terungkap pasti akan tergantikan sejarah tersebut. Sejarah tidak bisa dipastika kebenarannya, ada fakta yang baru yang lebih kuat bukti kesejarahannya, pasti itulah yang akan diambil, seperti penemuan Dr. Zinn akan benua amerika.
Kita bisa menyimpulkan bahwa keberanian seoarang Howard Zinn patut kita acungi jempol. Howard Zinn telah benar-benar merubah pemikiran orang-orang serta telah menyadarkan masyarakat dunia akan sejarah yang palsu tesebut. Howard Zinn dengan otak politiknya dan aktivis sosialnya mampu membuat sejarah dunia terbaru yang sangat mencengangkan warga Amerika Serikat terutama.
Comments
0 Comments

0 comments :

Post a Comment