class review

MENCARI SETITIK CAHAYA PENCERAHAN
(Author Endang Siti Nurkholidah)
Sejarah memang tidak akan pernah habis untuk dibicarakan, karena sejarah akan tetap abadi terkenang selamanya. Sejarah bukan hanya rekaman masa lalu semata, akan tetapi sejarah merupakan rekaman literasi yang harus dijaga dan dibudayakan.
Ada sebuah tuturan yang mengatkan bahwa sejarah ditulis oleh pemenang. Hal ini dikuatkan oleh quotes miliknya Dan Brown “history is always written by the winners. When to cultures clash, the loser is obligated and the writers the history books which glory their own cause and disparage the conquered foe. As Napolen once said that “ what is history, but fable agreed upon?”

Give a big hand buat quotes diatas. Memang benar sekali sejarah akan diukir dan ditulis oleh pemenang. So jika ingin mencetak sejarah, raih kemenagan itu terlebih dahulu. Maka kita akan dikenal dunia sebagai sang pencetak sejarah. Kebenaran sejarah memang sering kkali diragukan, karena banyak sejarah yang sudah direkayasa oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab.
Seperti pada pertemuan minggu kemarin, tepatnya pada tanggal 10 maret 2014, Mr Lala mengintruksikan kami untuk mengemukakan fakta Colombus berlayar ke india. Ternyata banyak sekali fakta-fakta yang unik yang belum diketahui. Mengapa Colombus ke India? Salah satu alas an utrama ialah karena teknologi dan rempah-rempah yang sangat kaya sekali. Pada waktu itu Colombus berlayar ke India untuk mencari rempah-rempah, karena India terkenal akan kelimpahan remmpah-rempahnya. Akan tetapi ia bertemu dengan masyarakat yang dipandang peradabannya sangat rendah. Tetapi dibalik penilai Columbus, ternyata orang itu sangat bagus dalam hal ilmu dan teknologinya. Lalu Colombus mengajak bekerjasama dengan penduduk sekitar. Kerjasama itu dilakukan dalam berbagai bidang, diantaranya ialah teknologi. Namun konon katanya masyarakat merasa tidak nyaman bekerja bersama colombus dan timbulah perselisihan diantara mereka.
Peperangan pun terjadi, bangsa amerika tiba-tiba menjelma menjadi Eropa baru. Dari sinilah Colombus ingin menguasai teknologi dan rempah-rempah yangdimiliki India pada waktu itu.
Beralih pada topic selanjutnya…
Oke disini saya akan menyematkan sedikit materi yang patut kiita ketahui.
Pencerahan…
Ketika kita buntu dalam mencari sebuah ide-ide yang gemerlang, tentu saja kita butuh pencerahan. Pencerahan dapat kita temuakan dari sebuah benda yang sangat luar biasa memiliki keuntungan. BUKU!! Ya itu salah satu pencerahan yang dapat kita terapkan dalam kehidupan kita. Buku memang gudangnya ilmu. Berawal dari sebuah buku, kita bisa tahu segalanya. Sesuatu yang belum kita ketahuipun bisa kita gali dari sebuah buku. Jadi kunci untuk mendapatkan sebuah pencerahan yaitu bisa dengan membaca sebuah buku.
Selain itu The love of knowledge adalah hal yang penting juga. Kecintaan kita terhadap ilmu pengetahuan akan membantu kita menuju gerbang kesuksesan. Karena orang yang mencintai ilmu adalah orang yang sangat luar biasa. Ia tidak akan berhenti menuntut ilmu walaupun sudah tua renta.
Orang yang mencintai ilmu juga akan berkaitan dengan sejarah, karena kemungkinan besar orang yang mencintai ilmu akan mudah mendapatkan gelar sejarah dalam hidupnya. Orang yang bersejarah ialah orang yang berani mengexplore ilmu yang dia miliki. Seperti halnya howard zinn yang berani mengkritik sejarah yang ada di dunia.
Mari kita senggol sedikit mengenai thesis statement….
Thesis statement ialah point atau topic utama pada sebuah teks. Fungsi  dari thesis statement sendiri adalah: the writer creates a thesis to focus the essay’s subject and the present of a good thesis statement aids reader understanding.
Thesis statement biasanya berada di paragraph pertama yang mempersembahkan sebuah argument kepada pembaca melalui tulisan. Thesis juga merupakan hasil dari legthy thinking process.
Sebuah paragraph pada paragraph pertama harus sudah menjadi kesatuan yang sangat kokoh. Selain itu harus ada jawaban dari “so what? Test”, “how? Test” and “why? Test”. Ketika sudah ada komponen pertanyaan tersebut, berarti bisa dinamakan sebagi paragraph yang kokoh.
Itulah ulasan tentang thesis statement untuk bekal kita ketika akan membuat sejarah baru lewat tulisan yang kita rangkai kata demi kata.

Jadi dapat kita satukan menjadi satu bahwa tulisan kita bisa membawa kita pada perubahan yang sangat luar biasa. Kita bisa saja menjadi sejarawan lewat tulisan yang kita buat, akan tetapi jangan lupa memerhatikan tentang main idea dan seneric stuktur lainnya. Seperti sang sejarawan terkenal “Howard Zinn” yang memiliki karya tulis yang luar biasa sekali. Memang sejarah tidak pernah berbohong, akan tetapi para sejarawan KW lah yang memanipulasi dan merekayasa sebuah sejarah.
Comments
1 Comments

1 comments :

Unknown said...

don't mention light in front of my eyes.... haha

Post a Comment