7th
Class Review
Menggali Makna dibalik Tembok
(by:
Dewi Patah Andi Putri)
Senin,
17 maret 2014 merupakan pertemuan ke tujuh dalam writing & composition
4. Ini merupakan pertemukan ke 7
kami. Pertama saya akan mengupas tentang
thesis statement. Thesis statement yaitu
gagasan utama. Untuk dapat meyakinkan seseorang
pembaca terhadap sudut pandang yaitu
dengan menggunakan bentuk dari bujukan
atau sering disebut academic argument.
Setelah
menjelaskan dengan ringkas topic yang dipilih, kemudian tetapkan sudut pandang (point
of view) dalam topik secara langsung dan biasannya dalam satu kalimat. Salah satu tugas utama penulis adalah untuk
mengungkapkan kemungkinana-kemungkinan pemahaman baru. Menjangkau bentuk-bentuk baru dari
pemahaman meliputi tiga tahapan penting:
pertama, yaitu dengan kata meniru kita bisa menemukan lalu dengan menemukan
tersebut kita implementasikan dengan menciptakan atau membuat sendiri.
Menulis
adalah masalah menciptakan affordance
dan eksplorasi potensi makna. Lalu
menulis juga merupakan sebuah
semogonitas. Semogenita adalah
memahami,memaknai. Pernyataan thesis
atau thesis statement merupakan tahapan paling penting untuk membuat dialog
awal dengan pembaca yang diharapkan.
Thesis statement dalam sebuah
essay yaitu satu atau dua kalimat statement
yang mengekspresikan mind idea.
Salah
satu komentar dari Milan Kundera (di L’Art duramon, 1986) : untuk penulis
berarti untuk penyair untuk menghancurkan dinding atau menembus tembok dan
menyembunyikan sesuatu. Dalam hal
ini,tugas penulis atau penyair tidak berbeda dari karya sejarah , yang juga
menemukan dari menciptakan.
Sejarah
itu seperti penyair mengungkapkan denagn situasi yang selalu baru. Apa sejarah
tidak mencekik bahkan
sejarah adalah misi untuk penyair.
Untuk sampai ke misi ini, penyair harus menolak melayani kebenaran yang
telah diketahui sebelumnya, kebenaran sudah jelas karena kebenaran mengambang
dipermukaan, karena sejarah adalah
proses tanpa akhir dalam penciptaan manusia.
Sejarah merupakan sesuatu yang seharusnya semua orang duketahui karena
semua berasal dari sejarah. Sejarah juga berhubungan dengan value yang
terkandung dalam sejarah itu sendiri.
Seperti halnya sejarawan kritikal ahli bahasa juga bertujuan untuk
memahami nilai-nilai yang terkandung dalam fondasi sosial, ekonomi, dan formasi
politik menubah nilai-nilai dan formasi (Fowler 1996: 10).
Sejarah
merupakan peristiwa atau kejadian sama artinya dengan geschichte dalam bahasa
jerman yang berarti pula telah terjadi atau kejadian yang sama pula artinya
dengan res gestae dalam bahasa latin (Collingwood, 1956) yang bermakna hal-hal
yang telah terjadi. Sejarah dalam
penegretian sejarah sebagai peristiwa yang
memiliki sifat atau ciri-ciri unik dan einmalig. Einmalig berati sekali terjadi. Setiap peristiwa hanya sekali terjadi dan
taakan pernah kembali sedangkan sifat unik menunjukan peristiwa satu-satunya
yang berarti tidak ada duanya. Makna
peristiwa sejarah senantiasa bersifat khusus.
Sejarah dalam pengertian ini adalah sejarah dalam pengertian objektif,
artinya sejarah sebagai peristiwa itu sesuai dan sama yang ada dalam alam.
Thesis
statement (wage Setiabudi 23-25).
Thesis statement itu adalah satu atau dua kalimat yang berisi topik,
claim dan alasan. Bentuk dari thesis
statement itu adalah dapat tersurat dan
dan tersirat. Hal ini dibutuhkan
karena klaim dan alasan topik harus dibuktikan pada bagian secara ringkas pada
paragraph dan membuktikan itu dijabarkan secara ringkas pada kesimpulan. Menurut Morton A.Miller, membaca dan menulis
esai pendek Random House, 1980). Alasan
untuk menempatkan tesis statement dalam paragraf pertama dari essay atau segera
setelah mungkin bahwa semakin cepat menyatakan itu, semakin besar
kemungkinanuntuk tetap sadar ide utama dan semakin kecil kemungkinan mengembara
dari gagasan ketika menulis.
Tujuan
pernyataan thesis. Tujuan tesis adalah
untuk memberikan perintah baik kepada
pembaca dan penulis. Hal ini dilakukan
dengan jelas menyatakan klaim sentral yang
sepotong tulisan akan mencoba untuk membuktikan. Penulis mengurus dalam pernyataan tesis untuk
mengartikulasi argument setepat mungkin dan presisi ini memperjelas dan
memfokuskan. Sebagian besar, penulis harus
bekerja dengan pernyataan tesis dinamis.
Salah satu yang berubah dan berkembang selama proses penulisan kata
lain. Pernyatan kerja tesis yang
mengartikulasikan apa penulis tertarik untuk menjelaskan akan cukup untuk membimbing penulis melalui
dreft esai. Tetapi kata-kata yang tepat
pernyataan tesis tidak sesuai sampai
selesai, teknik college menulis: pernyataan tesis dan Bayond Wadwort,
Cengage, 2011)
Cara menulis
critical review menurut e-book yang berjudul Helpsheet Critical review: Wrting
Critical review in 10 steps:
Step 1, Skim the article you have to review
to gain a general idea of what it is about. This process should take you about
five minutes or less.
Step 2, Discuss the article with someone else. Write down
general ideas or themes. Discussing the article may clarify your understanding
and trigger some initial ideas.
Step 3, Read it again. This time, highlight sections which
seem important, or better still, take notes of the important details. (The
important things are the subject/s of the article, the conclusion/s of the
writer and the arguments and/or data that the writer provides in order to reach
his or her conclusion/s.). Now check
your notes with someone else. Note differences and similarities in the points
you have written down. If there are major differences, go back and check the
article.
Step 4, Check the main points with the article once more.
Make sure your notes ‘agree’ with the points raised by the writer. (You should
be able to point to evidence from the text to confirm that your notes are
accurate.) Write out a quick “flow” diagram of the article which covers the
main points of each paragraph. The point of the diagram should be to show the
relationships between the main points in the article.
Step 5, Have a long, hard think about the
article. Put the article aside and just think about what you have read. Good
critical review writing does not take five minutes. It requires careful and
clear thinking.
Step 6, Read your notes again and look at the diagram you
have made. Can you think of any criticisms that you have about the article?
(These may include questions, disagreements, doubts, etc.) You are not
criticising the author here, just the points he or she has raised. These
criticisms could relate to the: theoretical
claims, evidence, case method, statistical support, use of other writers’ arguments,
etc.
Now, can you
think of anything you agree with in the article? Perhaps you can think of a
further application of one of the writer’s ideas, for example. Any strong
response that you have to the article is generally useful. When you have finished,
check your criticisms and agreements with those of another person.
Step 7, Now begin to
write your introduction to the review. This should be about 10% of the total
review. It should be short and should be largely in your own words. (Use the
helpsheet Language for Citing to help you.) You will need to include in the
introduction: a general overview of the article, an overview of your review
(your approach to the article), an anticipation of your conclusion (what will
you say about the major ideas expressed in the article). In introducing the article, you should also
mention: the author’s name, the title of the article. You should also reference the article using a
conventional referencing system (a complete reference list should be included
at the end of your review).
Below is a guide only; details have
been left out. Compare your version with
the version of another person. It should be similar in structure but not in the
details. Everyone’s review should be slightly different.
In this paper, I will discuss Pierre Ryckmans’
article ‘On the University’ (give reference). Ryckmans’ article is
about (say what it is about ). In particular, he argues that (give
a list of the main points). After summarising Ryckmans’ main points, I
shall be claiming that (give a general overview of your main
criticisms—don’t give any details here). In concluding, I shall show that
(give a quick outline of your conclusion about the subject.)
|
Step 8, Now you need
to write the body of the review. This must consist of summary and criticism
sections in roughly equal proportions. The body could be written in either of
these forms:
The important thing is that you balance your
criticisms with an adequate summary of the author’s work.
Step 9, After you
have written the body of the review, you need to write the conclusion. This
should be about 10% of the review and should include a brief recap of the main
points raised in the review, noting specifically where you have agreed and
disagreed with the writer. The conclusion might also give your suggestions for
further research work, or the contexts in which the work you have reviewed can be
used.
Step 10, Leave your
critique on your desk for a week or two before looking at it again. Carefully
edit and proofread it before submitting it. (See helpsheet: Editing and
Proofreading.)