Class Review 10


Mengenal Proses Menulis

            Minggu ini Mr. Lala ‘agak’ telat sekitar pukul 09.10. beliau masuk langsung meminta make up kelas sampai pertemuan ke-14. Beliau menanyakan hari selasa dan Jumat. Selasa pukul 06.00-07.00 dan dilanjutkan pukul o7.30-09.00. jadi toatal dalam seminggu 8 sks. Semua harus penuh dalam pertemuan untuk kelengkapan UAS.

            Hari Selasa besok mungkin jadi hari tersibuk selama libur mingguan tiap kali. Persiapannya tentu dihari Senin yang ngebut mengjain paspor untuk Selasa. Setelah membayangkan bagaimana nasib untuk besok dengan tugas yang saya rasa belum maksimal, walau begitu saya tetap berangkat pagi jam 04.00.semua saya lakukan untuk dapat masuk dan dapat ilmu dari beliau dosen yang banyak mahasiswa segani. Dengan materi dan tugasnya, mr. Lala selalu melanjutkna materi kelas.
A process view of writing, Ken Hyland
1.      Problem-solving
2.      Generative
3.      Reserciv e
4.      Collaborative
5.      Development
Untuk menjelaskan satu pertanyaanya yang memiliki bagian masing-mas9ing terkait writing. Di sini saya akan sedikit menjelaskan terkait hal-hal ini.

1.      Problem-solving
Masalh dan pemecahannya, seperti di argumentative esssay dalam berbagai part ada problem, analissi,  dan kemudian ada solving dari penulisnya juga, untuk menguatkan alsan dan pendapat mereka. Problem-solving adalah hal yang dapat harus ada pada tiap-tiap essay. Dalam problem-solving juga ada dua bagian yairu: inventioan dan extensive strategi. Masalah apa yang akan disajikan harus dicari sumber dan hal barunya. Extensive berlakau ketika penulis mencari data yang masuk dalam masalh sajian. Seperi yang dicontohkan beliau. Kita yerus menberus mencari data dan sumber-sumber mengenai masalah Papiua  dan dari hal itu kiata dapat mengetahui problem juga dapat mengetahui solvingnya untuk masalh tersebut.



2.      Generative
Generative adalah hal tynag sedikit keluar dari bidang penulisnya. Mr. Lala lagi contohkan kami dari jurusan Tadris BahasA Inggris, dalan materi ini keluar dari bidangnyakami. Keluar dari Bahasa Inggris untuk mengetahui masalah yang akan ditulis dan Bahasa Inggris hanya untuk bahasa dan generic structurenya saja. Dari gernerative dapat dibagi menjadi dua yitu discover dan explor. Misalnya masalah yang diajarkan mr. Lala mengenai sejarah Papua jelas itu bukan bidang kami , karena itu sejarah bukanlah bahasa. Hal ini keluar dari bidangnya dan menjual hal-hal baru.

3.      Recersive
Dalam menulis kita harus tahu apa inti yang akan ditulis, dengan apa yang dijelaskan, dan alin-lainnya. Mr. Lala contohkan lagi jam analog yang bergerak jarumnya dan berdetak. Beliau mengataka an ketika melihat jam tersebut akkan terlihat emotionnya. Tidak hanya gerakan tapi ada yamnh dirasakan. Menulis juga harus didukung emotionagar dapat menarik pembaca dengan tulisan kta. Tidak hanya asal tulis tidak tahu apa yang akan dibahas karena tulisannya, maka harus timbukan emotion dalam tulisan agar terlihat jelas dan hidup.

4.      Collabotrative
Collaborative dibuthkan agar tulisan lebih jelas dipahami tidak melenceng dan tidak fokus dalam tulisannya. Collaboration juga dibagi menjadi dua yaitu focus fedback dan dituangkan pada thesis. Fokus masalah harus dapat benar diperhatikan agar dituangkan dalam thesis sebagai penguatnya.

5.      Development
Development adalah hal terakhir untuk penulis agar top tulisanya. Artinya improvment is evaluated. Apa yang sudah ditulis dapt dikembangkan melalui evaluasi dan apa yang dipikir. Atau seperi kegiatan konsultasi kami dapat membuat tulisan artinya develop disaranka mr.lala adal evaluating. Development walaupun hal terakhir dapat membuat penulis lebih.

Dari kelima hal diatas saya sedikit mendapatkan bayangan jika writing itu memiliki proses yang panjang dan perlu keberanian. Berani mencari data, keluar dari bidang, dan menulis ubtuk pembaca luas. Semuanya memiliki pandangan sendiri-sendiri. Writing juga dapat dijadikan paket untuk improving bahasa Inggris yaitu membaca data luar, menulis Inggris dan disampaikan memalui speaking. Semua aspek bahas Inggris ada di writing.                     
Comments
1 Comments

1 comments :

gossippk10 said...

good post.

https://hamarigossip.com

https://hamarigossip.com

Please give feedback or comment on https://hamarigossip.com for any feedback or suggestion.

live cricket score | cheap flights | english to hindi | cricket games | hindi video | india news | english to urdu | pakistan news

Please give feedback or comment on https://hamarigossip.com for any feedback or suggestion.

Post a Comment