Class Review 2 : Dari Lehtonen



Dari Lehtonen
(By : Alfiniya F R)


            Writing adalah kegiatan yang dapat menghasilkan ilmu, ide, dan lainnya. Dalam writing juga ada tiga aspek yang penting dalam mengendarainya. Yaitu text yang merupakan informasi pengenalan awalnya, context itu isi dari informasi seperti contoh ataou materi yang dapat menarik minat pembaca dan terakhir reader yaitu pelaku aau target baca yang dapat menikmati text tersebut. Maka reader pun dikatakan sebagai raja bagi penulis. Untuk itu penulis harus gunakan etika dan pengetahuannya denagn baik agar tidak menyimpang, salah pengertian dan dinikmati pembaca.
            Dalam sebuah karya tulis, aspek pertama dalam kegiatan iniadal text. Text merupakan bentuknya dari informasi, text juga merupakan sarana komunikasi dari penulis pada pembaca. Dengan adanya text, maka penulis sudah menciptakan cerita atau materi ajar. Bahasa dalam jenis text pun berbeda terganung pada siapa text itu ditujkan. Selain bahasa faktor yang selau ada dalam text gunakan bahasa yang sesuai, text cerita bahasanya akan berbeda dari text argumen.
            Jenis apapun textnya harus mempunyai tiga aspek. Pertama, materi yang akan disampaikan. Kedua, hubungan dari dalamnya seperti isi dengan textnya yang tidak terpecah dalam pembahasan. Text juga harus menyesuaikan tanda baca, kata yang sejalan berhubungan untuk mencapai satu maksud. Terakhir adalah meaning. Meaningnya harus sampai pada pembaca, karena dengan meaning pembaca akan tahu maksud dari text tersebut.
Ketiga aspek itu berkaitan satu denagn lainnya, karena akan membawa pembaca berimajinasi dan mengerti maksudnya. Text juga dapat memberikan ide untuk pembaca dan menghasilkan pemikiran yang baru, ini adalah literasi.
            Bahasa juga dapat membuat text lebih bermakna. Bahasa yang menarik itu lebih baik digunakan agar text kebih mudah tersampaikan, atau dari bahasa baku yang dikemas lebih persuasi lagi dan tidak membosankan. Pilihan kata dari aspek itu  dapat digunakan dalam hal ini.
            Text asalnya seperti fisikayang dapat dimengerti pembaca tanpa memperhatikan tempat dan waktu keselurannya denagn objek . dengan ini umumnya pembaca sulit untuk membaca text yang keedua kalinya dengan cara yang sama, akan tetapi harus berulang kali membaca untuk mengerti keseluruhannya. Untuk itu text dan context ubtuk tujuna analisis membuat pengertian sendiri-sendiri. Darinyameaning akan dapatditemukan text dann pembacanya.
            Context itu akan keluar dari backgroundnya yaitu text, penulis dan lainnya dari keduanya. Disamping itu, context adalah perpaduan dari writing dan reading. Context berisikan pada semua faktor, dari penulis dan pembacayang membawa pada proses pengertian informasi yang ddisampaikan. Text seperti kejelasan yang relatif terbatas  jika disampika, sedangkan context fakta dari text yang menyempurnakanisi biasanya pada contextntya.
 Context seperti menghasilkan pengertian-pengertian yang dibawa pembicara, penulis yang diterimanya. Membaca text memberikan arti pada isinya, dapat berinteraksi denagn text. Dapat diartikan membaca atau reading itu selalu re-reading, mkembali menghasilakn text pada proses membaca.
Text dan pembaca tidak memerhatiakn satu denagn lainnya, tapi menghasilkan satu denan lainya. Text, context dan reader bdapat dijadikan point pada pencarian inormasi dan meaning. Context merupakan objek informasi yang dikenalkan pada reader denagn lebih dalam dari text yang belum dijelaskan keseluruhannya.
Reader biasa diperlakukan sebagai raja. Reader dapat mengekspektasikan dan mengarahkan pengertiannyasebaik dari tex yang dibaca. Membaca termasuk pengalaman dan situasi yang berbeda pada identitas pembaca, artinya pembaca membaca sisi lain dari pembacanya.  Pembaca mengucapkan kata-kata yang dibaca dengan bhasa-bahasa yang diucapkan harus esuai denagn maksud pengertiannya, jika tidak seperti itu maka tempo baca dari pembaca akan memmengaruhi arti kata pada text.
Dari ketiganya, dapat dikatkan text, context dan reader itu saling berhubungan. Dari text yang mengenlkan objek, context mengenalkan objekdan reader yang menerima ibjek dari informasi yang di bawakan dengan maknanya masing-masing. Disamping iutu reader biasanya membangun makna dari text dan dari apa yang menurutnya penting. Membaca termasuk pilihan dari apa yag akan  dibadca, mengatur informasi dari text dan contextnyaagar reader dapat tersampikan informasinya.
Comments
0 Comments

0 comments :

Post a Comment