CLASS REVIEW: Inikah yang disebut ilmiah?



1st CLASS REVIEW

Inikah yang disebut ilmiah?
by: Fatimah 
            Ilmiah? academic writing? Sebelumnya saya tidak begitu kenal dengan ilmiah dan academic writing, tulisan yang begitu ilmiah. Pada semester sebelumnya masih berkutat pada teks-teks yang masih rendah tingkat kesulitannya seperti membuat teks recount, narrative, descriptive, explanation dan lain-lain. Tidak pernah terbayangkan akan serumit ini membuat academic writing. Merasakan betapa sulitnya membuat karya ilmiah. Berputar pada buku-buku referensi dan meancari-cari informasi tambahan dari internet yang harus saya cari. Berkali-kali membaca 1 artkel berbahasa indonesia dan 2 artikel berbahasa inggris sebagai bahan tugas pertama. Namun ketika dijalani tugas pertama ini lancar, dalam arti dapat selesai tepat waktu meskipun saya tidak tahu bagaimana hasil dari pikran dan tangan saya sendiri ini, yang paling penting adalah menghargai proses ketika membuat tugas ini.
            Sempat tersesat di awal jalan. Apa itu opini essay? Apa yang harus di lakukan nanti pada tahap awal membuat opini essay? Bagaimana format opini essay? Berbagai pertanyaan tentang tugas yang harus selesai dalam 6 hari mendatang. Setelah mr.Lala memberikan sylabus kemudian saya baca akhirnya sedikit demi sedikit mulai ada pencerahan, semakin terang sehingga tidak tersesat terlau jauh.
            Academic writing, Tugas yang akan saya hadapi berminggu-minggu pada matakuliah writing 4 ini. Tanpa adanya tekanan dari dosen mahasiswa tidak akan membuat essay atau sejenisnya. Dengan adanya tekanan saya rasa ini sangat baik dampaknya bagi mahasiswa. Ini juga berdampak baik bagi budaya literasi di negara kita, karena kita dilatih unrtuk menjadi masyarakat yang mempunyai budaya literasi tinggi.
            Pertemuan pertama ini tidak hanya membahas tugas namun membahas juga tentang general point tentang evaluation. Hal-hal yang berpengaruh antara lain antara lain ketepatan mengumpulkan tugas, partisipasi dalam diskusi kelas, paartisipasi dalam kelas, , bertanya pada Mr. Lala jika merasa tersesat di jalan writing 4 ini. mengerjakan class review, appetizer dan chapter review, ketika tidak dapat mengikuti perkuliahan pada matakuliah ini harus ada surat izin yang tertulis sebagai bukti agar tidak di alfa. Alfa ketika telat 10 menit, tidak ada make up test tanpa seizin dosen, pasyikan kelas bersih dan tidak boleh menggunakan gadget tanpa seizin dosen. Berpakaian rapih sesuai dengan aturan, kehadiran juga sangat berpengaruh pada matakuliah ini, karena jika lebih dari 3 kali tidak dapat mengkuti kegiatan perkuliahan mka dosen tidak akan segan-segan memberi nila yang rendah pada akhir semester.
            Dalam silabusnya Mr. Lala menjelaskan bahwa academic writing adalah sesuatu yang perlu dan yang seharusnya kita geluti. Academic writing mungkin mempunyai perbedaan nama dengan academic wrting assignments. Academic writing assigment such as eassay, paper, research paper, position paper, term paper, argumentative paper/essay, analysis paper/essay, informative essay. Tetapi semua jenis assignents tersebut mempunyai tujuan yang sama dan prinsip yang sama.
            Dalam academic wrting assignment, kita akan memulai dengan mengangkat  pertanyaan yang berbobot, kemudian menemukan menganalisis jawaban-jawaban terhadap pertanyaan tersebut, dan pilih jawaban terbaikmu  untuk di diskusikan atau dipapakan di dalam paper yang kita buat. Paper yang kamu buat akan mengandung pemikiran yang akan disebarkan dan suguhkan alasan pada jawaban di paper yag kita buat dengan logika dan bukti.
            Jadi tujuan dari academic writing tiak hanya menunjukkan kepada pembaca apa yang kita ketahui tentang topik yang kita pilih, tetapi lebih dari itu untuk menunjukkan bahwa kita mengerti dan dapat berfikir kritis tantang topik yang kita bahas dalam paper kita, selain itu hal baik lainnya adalah kita dapat meningkatkan kemanpuan kita dalam meneliti, mengevaluasi informasi, mengatur, memberi argumentasi , merespon argumen lain, menganalisis dan mengekspresikan diri kita dengan jelas dalam tulisan tidak hanya dalam bahasa inggris.
            Hal yang baru dalam mata kuliah writing dari semester 1 hingga 4 sekarang adalah mengenai blogging. Mr. Lala mengambil score 10% dari kegiatan blogging. Tujan blogging ini sehingga bermanfaat bagi umat. Teknisnya setiap orang harrus posting papernya dalam blog. Paper yang kita kirim tantang tugas yang di berikan kepada kami setiap minggunya seperti class review, appetizer dan chapter review.
            Selain penilaian di ambil dari blog, penilaian jug diambil dari two best homework assignment(class review and chapter review sebanyak 20%), 3 progess test yaitu berupa critical reviews terbaik dan satu argumentative essay sebanyak 30%. Kemudian terdapat individual presentasi 20%, dan yang terakhir adalah final exam yang hanya diambil nilai 20%.
            Ada sekitar 11 buku referensi dala mata kuliah writing 4 ini yang di rekomendasikan oleh Mr. Lala antara lain pokoknya rekayasa literasi penulis A. Chaedar Al wasliyah, text tipe in English di tulis oleh Anderson, Academic writing ditulis oleh Barley dan masih banyak lagi.
            Jadi kesimpulannya adalah pada pertamuan kali ini saya diperkenalkan dengan sisi ilmiah dari academic writing yang sebelumnya tidak bertemu secara intens seperti minggu-minggu ke depan. Setiap mahasiswa harus dapat menulis karya ilmiah agar menjadi mahasiswa yang produktif kelak. 
              
           
             


Comments
0 Comments

0 comments :

Post a Comment