Class
Review 1
Sambut
Writing dengan Semangat Baru
(By: Iiz Laila)
(By: Iiz Laila)
Welcome
writing…
Pagi itu aku langkahkan kaki dengan semangat baru
menuju kampus tercinta, karena hari itu adalah awal pertama masuk kuliah
disemester 4 ini. Senin, 03 februauri
2014 disambut dengan writing 4, jam 07.30 adlah pertemuan pertama dengannya.
Kembali kami anak –anak PBI-A dipertemukan dengan Mr. Lala Bumela yang sudah
tidak asing lagi bagi kami. Sudah tiga semester ini beliau selalu memberikan
gebrakan baru untuk kami. Di semester 2 beliau memegang mata kuliah Writing
class yang penuh dengan tantangan, apalagi di semester 3 kemarin, beliau memeganga
mata kuliah English Phonology, yang sama sekali kita tidak tahu akan belajar
apa didalamnya, akan tetapi dengan gebrakan-gebrakan beliau kami bisa sedikit
demi sedikit memahaminya.
Disemester 4 ini beliau kembali memegang mata kuliah
Writing, dimana tidak ada bedanya dengan wrting disemester 2 akan tetapi ada
beberapa hal yang baru dalam writing 4 ini. Dalam pertemuan pertama ini Mr.
Lala membahas tentang learning contract, sebelum beranjak kepada learning
contract beliau membahas tentang academic writing.
Pada dasarnya, di academic writng, tulisan yang
harus kita lakukan untuk program universitas kita sama hanya saja memiliki nama
yang berbeda, untuk tugas academic writing yaitu (essay, paper, research paper,
term paper, argumentative paper/essay, analysis paper/essay, position paper),
akan tetapi semua tugas itu mempunyai tujuan dan prinsip yang sama.
Sebuah academic writing seharusnya
menjadi kesempatan kita untuk menjelajahi seseuatu yang menarik bagi kita dan
apa yang telah kita pelajari. Disini kita bebas untuk memilih topic tentang apa
yang akan kita bahas dalam paper tersebut. Selain itu, kita bibas
mengekspresikan ide-ide yang kita miliki dengan halaman yang tidak ditentukan.
Dalam academic writing assignment, kita
akan memulainya dengan mengajukan pertanyaan yang baik, kemudain temukan dan
analisis jawaban untuk pertanyaan tersebut dan pilih jawaban yang terbaik untuk
didiskusikan. Paper kita akan berbagi tentang pemikiran kita, menemukan dan
membenarkan jawaban kita dengan logika dan bukti. Jadi, tujuan dari academic
writing adalah tidak untuk memamerkan segala sesuatu yang kita ketahui tentang
topic yang kita ambil, melainkan untuk menunjukkan bahwa kita memahami dan
dapat berfikir kritis tentang topic yang kita pilih (and this is what earning
you a good grade).
Sekarang kita beranjak kepada
syllabus mata kuliah writing 4. Ada 4 tujuan dalam mata kuliah ini diantaranya
adalah:
1. Untuk
meningkatkan mahasiswa pada landasan dasar menulis.
2. Untuk
mempertajam pemahaman mahasiswa pada proses triadic penulisan, pra-menulis,
menulis dan pasca-menulis.
3. Untuk
memberikan latihan dasar menulis, tinjauan kritis dan essay argumentative.
4. Untuk
membekali mahasiswa dengan prinsip dasar menilai masterpiece mereka sendiri.
Selain keempat tujuan tersebut dalam
syllabunya terdapat juga course work evaluation, dalam course work evaluation
ada 5 poin yang harus diselesaikan dan dilewati oleh kami dalam satu semester
ini, diantaranya adalah:
1. Ada
dua tugas terbaik yang akan kita serahkan kepada Mr. Lala diakhir nanti, dua
tugas tersebut akan diambil dari class review dan argumentative essay, nilainya
20%
2. Ada
tiga progress test yaitu dua terbaik critical review dan satu argumentative
essay, nilainya 30%
3. One
individual presentation (2 menit), nilainya 20%
4. Blogging,
nilainya 10%
5. Final
exam, nilainya 20%
Dalam writng 4 ini ada beberapa hal
yang baru yaitu blogging, dimana setiap tugas yang telah kita kerjakan harus
diposting ke blog kelas. Blogging ini diperkenalkan untuk pertama kalinya dalam
writing course, karena mempunyai banyak alasan. Yang pertama, blog ini
berfungsi sebagai media untuk ‘eternalis’ setaip composition yang telah kita
buat. Kedua, berfungsi sebagai media baru untuk cara baru berinteraksi antara
dosen dan mahasiswa antara ruang dan waktu. Ketiga, ia berfungsi sebagai media
untuk kita show off.
Setelah beliau panjang lebar
menyampaikan tentang syllabus, kemudian beliau menunjukkan beberapa slide yang
isisnya tentang “A highlight on the syllable”. Dislide pertama kita dikejutkan dengan
posisi team kami, kami berada pada peringkat terakhir dari kelas lain dalam
mata kuliah English Ponology, awalnya kami down melihat itu tetapi setelah
difikir-fikir dan direnungkan itu semua menjadi acuan kami untuk bangkit
menjadi lebih baik, karena kami habis gelap terbitlah terang.
Slide selanjutnya membahas tentang
sorotan dalam writng 4 yaitu “ belajar bagaimana menulis dalam bahasa kedua
adalah salah satu aspek yang paling menantang dari pembelajaran bahasa kedua”
(Hyland 2003).
A
simple remainder dari beliau
·
Menulis melibatkan
keterampilan dan pengetahuan tentang teks, konteks, dan pembaca.
·
Dengan berbagai
kerajinan apapun, menulis improves dengan praktek.
·
Bahasa pertama adalah
dasar untuk bahasa kedua.
Ketika sudah selesai pembahasan tidak
lupa dan tidak ketinggalan, Mr. Lala memberikan tugas untuk minggu depan yang
sesuai dan sudah tertera dalam syllabus, yaitu class review dan appetizer
essay. Diakhir beliau mengatakan “Getting bored and tired are pretty normal,
but it is your responsibility to make sure everything is ok” kalimat ini
menjadi cambuk bagi saya dan teman-teman dalm writing class, karena itu yang
akan kami rasakan.