Class Review: Sambut Writing dengan Semangat Baru



Class Review 1
Sambut Writing dengan Semangat Baru
(By: Iiz Laila)
Welcome writing…
Pagi itu aku langkahkan kaki dengan semangat baru menuju kampus tercinta, karena hari itu adalah awal pertama masuk kuliah disemester 4 ini. Senin,  03 februauri 2014 disambut dengan writing 4, jam 07.30 adlah pertemuan pertama dengannya. Kembali kami anak –anak PBI-A dipertemukan dengan Mr. Lala Bumela yang sudah tidak asing lagi bagi kami. Sudah tiga semester ini beliau selalu memberikan gebrakan baru untuk kami. Di semester 2 beliau memegang mata kuliah Writing class yang penuh dengan tantangan, apalagi di semester 3 kemarin, beliau memeganga mata kuliah English Phonology, yang sama sekali kita tidak tahu akan belajar apa didalamnya, akan tetapi dengan gebrakan-gebrakan beliau kami bisa sedikit demi sedikit memahaminya.
Disemester 4 ini beliau kembali memegang mata kuliah Writing, dimana tidak ada bedanya dengan wrting disemester 2 akan tetapi ada beberapa hal yang baru dalam writing 4 ini. Dalam pertemuan pertama ini Mr. Lala membahas tentang learning contract, sebelum beranjak kepada learning contract beliau membahas tentang academic writing.
Pada dasarnya, di academic writng, tulisan yang harus kita lakukan untuk program universitas kita sama hanya saja memiliki nama yang berbeda, untuk tugas academic writing yaitu (essay, paper, research paper, term paper, argumentative paper/essay, analysis paper/essay, position paper), akan tetapi semua tugas itu mempunyai tujuan dan prinsip yang sama.
            Sebuah academic writing seharusnya menjadi kesempatan kita untuk menjelajahi seseuatu yang menarik bagi kita dan apa yang telah kita pelajari. Disini kita bebas untuk memilih topic tentang apa yang akan kita bahas dalam paper tersebut. Selain itu, kita bibas mengekspresikan ide-ide yang kita miliki dengan halaman yang tidak ditentukan.
            Dalam academic writing assignment, kita akan memulainya dengan mengajukan pertanyaan yang baik, kemudain temukan dan analisis jawaban untuk pertanyaan tersebut dan pilih jawaban yang terbaik untuk didiskusikan. Paper kita akan berbagi tentang pemikiran kita, menemukan dan membenarkan jawaban kita dengan logika dan bukti. Jadi, tujuan dari academic writing adalah tidak untuk memamerkan segala sesuatu yang kita ketahui tentang topic yang kita ambil, melainkan untuk menunjukkan bahwa kita memahami dan dapat berfikir kritis tentang topic yang kita pilih (and this is what earning you a good grade).
            Sekarang kita beranjak kepada syllabus mata kuliah writing 4. Ada 4 tujuan dalam mata kuliah ini diantaranya adalah:
1.      Untuk meningkatkan mahasiswa pada landasan dasar menulis.
2.      Untuk mempertajam pemahaman mahasiswa pada proses triadic penulisan, pra-menulis, menulis dan pasca-menulis.
3.      Untuk memberikan latihan dasar menulis, tinjauan kritis dan essay argumentative.
4.      Untuk membekali mahasiswa dengan prinsip dasar menilai masterpiece mereka sendiri.
            Selain keempat tujuan tersebut dalam syllabunya terdapat juga course work evaluation, dalam course work evaluation ada 5 poin yang harus diselesaikan dan dilewati oleh kami dalam satu semester ini, diantaranya adalah:
1.      Ada dua tugas terbaik yang akan kita serahkan kepada Mr. Lala diakhir nanti, dua tugas tersebut akan diambil dari class review dan argumentative essay, nilainya 20%
2.      Ada tiga progress test yaitu dua terbaik critical review dan satu argumentative essay, nilainya 30%
3.      One individual presentation (2 menit), nilainya 20%
4.      Blogging, nilainya 10%
5.      Final exam, nilainya 20%
            Dalam writng 4 ini ada beberapa hal yang baru yaitu blogging, dimana setiap tugas yang telah kita kerjakan harus diposting ke blog kelas. Blogging ini diperkenalkan untuk pertama kalinya dalam writing course, karena mempunyai banyak alasan. Yang pertama, blog ini berfungsi sebagai media untuk ‘eternalis’ setaip composition yang telah kita buat. Kedua, berfungsi sebagai media baru untuk cara baru berinteraksi antara dosen dan mahasiswa antara ruang dan waktu. Ketiga, ia berfungsi sebagai media untuk kita show off.
            Setelah beliau panjang lebar menyampaikan tentang syllabus, kemudian beliau menunjukkan beberapa slide yang isisnya tentang “A highlight on the syllable”. Dislide pertama kita dikejutkan dengan posisi team kami, kami berada pada peringkat terakhir dari kelas lain dalam mata kuliah English Ponology, awalnya kami down melihat itu tetapi setelah difikir-fikir dan direnungkan itu semua menjadi acuan kami untuk bangkit menjadi lebih baik, karena kami habis gelap terbitlah terang.
            Slide selanjutnya membahas tentang sorotan dalam writng 4 yaitu “ belajar bagaimana menulis dalam bahasa kedua adalah salah satu aspek yang paling menantang dari pembelajaran bahasa kedua” (Hyland 2003).
A simple remainder dari beliau
·         Menulis melibatkan keterampilan dan pengetahuan tentang teks, konteks, dan pembaca.
·         Dengan berbagai kerajinan apapun, menulis improves dengan praktek.
·         Bahasa pertama adalah dasar untuk bahasa kedua.
            Ketika sudah selesai pembahasan tidak lupa dan tidak ketinggalan, Mr. Lala memberikan tugas untuk minggu depan yang sesuai dan sudah tertera dalam syllabus, yaitu class review dan appetizer essay. Diakhir beliau mengatakan “Getting bored and tired are pretty normal, but it is your responsibility to make sure everything is ok” kalimat ini menjadi cambuk bagi saya dan teman-teman dalm writing class, karena itu yang akan kami rasakan.
Comments
0 Comments

0 comments :

Post a Comment