Class Review 6



Menilik Kembali Tokoh Columbus
Pagi yang cerah dengan doa ku awali dan dengan semangat ku jalani.  Satu ujian lagi yang Allah beri kepadaku untuk menguji jalan hidup ini, aku sakit tipes.  Sejenak aku emosi, namun segera aku sadari ini hanyalah ujian, ini hanyalah cobaan.  Kesabaran diuji untuk kesekian kali.  Ku hanya bisa bersyukur, berterimakasih aku masih bisa bernafas.
Dalam pembahasan kemarin, beliau membahas tentang perjalanan lain dalam memahami Columbus, penyataan skripsi, dan fungsi tesis.  Dia dilahirkan di Genoa, Itali, di Laut Liguria (Laut Mediterania), antara 25 Agustus dan 31 Oktober 1451.  Namanya dalam bahasa Italia adalah Cristoforo Kolombo, yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai Christopher Columbus, ke dalam bahasa Spanyol sebagai Cristobal Colón, dan ke dalam bahasa Portugis sebagai Christovão Colom.  Columbus menggunakan nama versi Portugis selama di Portugal dan versi Spanyol setelah pindah ke Spanyol pada 1485.

Ayah Columbus adalah Domenico Colombo, seorang penenun wol yang juga merupakan salah satu tokoh politik lokal.  Ibunya Suzanna Fontanarossa, putri seorang penenun wol. Anak sulung dari lima saudara, Christopher memiliki tiga saudara laki-laki Bartholomew, Giovanni Pellegrino, dan Giacomo dan satu saudara perempuan, Bianchinetta. Seluruh keluarga pindah ke kota pelabuhan terdekat Savona, barat Genoa, di 1470.  Pada tahun 1478 atau 1479 Columbus bertemu dan menikah dengan Felipa Perestrello e Moniz, putri dari keluarga yang dihormati, ayah Felipa's, Bartolomeo Perestrello, yang sudah meninggal ketika Columbus bertemu Felipa, pernah menjabat sebagai gubernur Porto Santo di Kepulauan Madeira, milik Portugis di lepas pantai barat laut Afrika. Segera setelah pernikahan mereka.
Awal karir berlayar di laut ketika berusia 14 tahun, Columbus bertugas di berbagai kapal dalam berbagai peran.  Tatkala beranjak dewasa, dia menjadi nakhoda kapal dan seorang navigator yang cekatan.  Akhirnya Colombus yakin bukan mustahil menemukan jalan lebih praktis ke daerah Asia di timur dengan cara berlayar ke arah barat melintasi Samudra Atlantik dan dia dengan tekun merintis tekadnya.  Tentu saja niat besar ini tidak bakal terlaksana tanpa biaya cukup.  Karena itulah Colombus membujuk Ratu Isabella I menyediakan anggaran untuk ekspedisi percobaannya.
Pada tanggal 12 Oktober 1492, dua dunia yang tidak dikenal saling bertemu untuk pertama kalinya pada sebuah pulau kecil di Laut Karibia.  Sedangkan pada ekspedisi dari Spanyol dalam mencari rute laut langsung dari Eropa ke Asia, Christopher Columbus secara tidak sengaja menemukan Amerika.  Columbus bukanlah orang pertama yang tiba di Amerika, yang ia dapati sudah diduduki.   Ia juga bukan orang Eropa pertama yang sampai ke benua itu karena sekarang telah diakui secara meluas bahwa orang-orang Viking dari Eropa Utara telah berkunjung ke Amerika Utara pada abad ke 11 dan mendirikan koloni L'Anse aux Meadows untuk jangka waktu singkat.
Inilah fakta-fakta tentang Columbus:
1.      Columbus tidak pernah tiba di daratan Amerika Utara
2.      Hari Columbus pertama kali dirayakan pada tahun 1792 di New York. 1792, adalah tanda 300 tahun kedatangan Columbus. Hari Columbus menjadi hari libur nasional pada tahun 1937.
3.      Columbus bukan orang pertama yang menemukan Dunia Baru
4.      Columbus bertanggung jawab langsung atas pembunuhan ribuan penduduk asli Amerika
5.      Columbus dipandang sebagai pola dasar antara yang baik dan yang jahat di Spanyol dan Amerika Utara. Dia juga menjadi simbol budaya.
6.      Columbus adalah seorang Italia yang berspekulasi telah lahir di Genoa
7.      Motivasi Columbus 'untuk eksplorasi adalah menjadi utusan untuk non-Kristen.
8.      Dunia ini tidak dianggap datar oleh Columbus dan penjelajahnya. yang hal Ini disebut Mitos Bumi Datar.
9.      Christopher Columbus adalah nama Anglophone yang diberikan kepada explorer. Dia memiliki nama Spanyol dan Italia juga. Yang paling terkenal, dia dipanggil Christoforo Kolombo.
10.  Permohonan pertimbangan dilakukan ke Portugal oleh Christopher Columbus untuk membantu dia mengeksplorasi dan mendanai perjalanannya. Raja memberikan proposal pada ahlinya, yang kemudian menolak hal itu.
Dalam slide power point penyatataan tesis adalah memberitahu pembaca bagaimana Anda akan menafsirkan pentingnya materi pelajaran yang sedang dibahas adalah peta jalan untuk kertas, dengan kata lain, ia memberitahu pembaca apa yang diharapkan dari sisa kertas.  Tesis merupakan interpretasi dari pertanyaan atau subjek, bukan subjek itu sendiri.  Subyek, atau topik, dari sebuah esai mungkin Perang Dunia II atau Moby Dick, maka tesis harus menawarkan cara untuk memahami perang atau novel.  Membuat klaim bahwa orang lain mungkin membantah.  Biasanya satu kalimat di suatu tempat di paragraf pertama Anda yang menyajikan argumen Anda kepada pembaca.  selanjutnya tubuh esai, mengumpulkan dan mengatur bukti yang akan membujuk pembaca logika penafsiran Anda.  Untuk fungsi tesis sendiri adalah penulis menciptakan tesis untuk fokus subjek esai dan kehadiran pernyataan tesis yang baik membantu pemahaman pembaca.
Manusia yang memahami dan menganut ideologilah yang mampu membuat perubahan dalam kehidupan. Dan sudah terbukti bahwa pembawa perubahan di dunia berawal dan digerakkan oleh orang-orang yang menganut ideologi tertentu.  Dari sekian banyak pemikir dan pejuang perubahan, ada sebagian yang menuliskan pemikiran dan peristiwa pergolakan menuju perubahan dalam berbagai catatan dan buku-buku. Catatan atau buku-buku itu terus jadi bacaan dan inspirasi bagi para pemikir dan pejuang berikutnya dan seterusnya.  Setiap penulis membawa ideologinya sendiri. Ada yang samar, sedang dan terlihat sangat kuat menyatu dalam tulisan.  Syarat utama menjadi penulis ideologis adalah menjadikan diri kita sebagai orang yang ideologis.  Orang ideologis adalah orang yang secara sadar dia menyakini ideologi tertentu dan mampu membedakan dengan ideologi lain.
Comments
0 Comments

0 comments :

Post a Comment