7th Class Review: Menggali Makna dibalik Tembok




7th Class Review
 
Menggali Makna dibalik Tembok

(by: Dewi Patah Andi Putri)
Senin, 17 maret 2014 merupakan pertemuan ke tujuh dalam writing & composition 4.   Ini merupakan pertemukan ke 7 kami.  Pertama saya akan mengupas tentang thesis statement.  Thesis statement yaitu gagasan utama.  Untuk dapat meyakinkan seseorang pembaca terhadap sudut  pandang yaitu dengan menggunakan  bentuk dari bujukan atau sering disebut academic argument. 

Setelah menjelaskan dengan ringkas topic yang dipilih, kemudian tetapkan sudut pandang (point of view) dalam topik secara langsung dan biasannya dalam satu kalimat.  Salah satu tugas utama penulis adalah untuk mengungkapkan kemungkinana-kemungkinan pemahaman baru.  Menjangkau bentuk-bentuk baru dari pemahaman  meliputi tiga tahapan penting: pertama, yaitu dengan kata meniru kita bisa menemukan lalu dengan menemukan tersebut kita implementasikan dengan menciptakan atau membuat sendiri.
Menulis adalah masalah  menciptakan affordance dan eksplorasi potensi makna.  Lalu menulis juga merupakan sebuah  semogonitas.  Semogenita adalah memahami,memaknai.  Pernyataan thesis atau thesis statement merupakan tahapan paling penting untuk membuat dialog awal dengan pembaca yang diharapkan.  Thesis statement  dalam sebuah essay yaitu satu atau dua kalimat statement  yang mengekspresikan mind idea. 
Salah satu komentar dari Milan Kundera (di L’Art duramon, 1986) : untuk penulis berarti untuk penyair untuk menghancurkan dinding atau menembus tembok dan menyembunyikan sesuatu.  Dalam hal ini,tugas penulis atau penyair tidak berbeda dari karya sejarah , yang juga menemukan dari menciptakan.
Sejarah itu seperti penyair mengungkapkan denagn situasi yang selalu baru.  Apa sejarah  tidak  mencekik  bahkan  sejarah adalah misi untuk penyair.  Untuk sampai ke misi ini, penyair harus menolak melayani kebenaran yang telah diketahui sebelumnya, kebenaran sudah jelas karena kebenaran mengambang dipermukaan,  karena sejarah adalah proses tanpa akhir dalam penciptaan manusia.  Sejarah merupakan sesuatu yang seharusnya semua orang duketahui karena semua  berasal dari sejarah.  Sejarah juga berhubungan dengan value yang terkandung dalam sejarah itu sendiri.  Seperti halnya sejarawan kritikal ahli bahasa juga bertujuan untuk memahami nilai-nilai yang terkandung dalam fondasi sosial, ekonomi, dan formasi politik menubah nilai-nilai dan formasi (Fowler 1996: 10).
Sejarah merupakan peristiwa atau kejadian sama artinya dengan geschichte dalam bahasa jerman yang berarti pula telah terjadi atau kejadian yang sama pula artinya dengan res gestae dalam bahasa latin (Collingwood, 1956) yang bermakna hal-hal yang telah terjadi.  Sejarah dalam penegretian  sejarah sebagai peristiwa yang memiliki sifat atau ciri-ciri unik dan einmalig.  Einmalig berati sekali terjadi.  Setiap peristiwa hanya sekali terjadi dan taakan pernah kembali sedangkan sifat unik menunjukan peristiwa satu-satunya yang berarti tidak ada duanya.  Makna peristiwa sejarah senantiasa bersifat khusus.  Sejarah dalam pengertian ini adalah sejarah dalam pengertian objektif, artinya sejarah sebagai peristiwa itu sesuai dan sama yang ada dalam alam.
Thesis statement (wage Setiabudi 23-25).   Thesis statement itu adalah satu atau dua kalimat yang berisi topik, claim dan alasan.  Bentuk dari thesis statement itu adalah dapat tersurat dan  dan tersirat.  Hal ini dibutuhkan karena klaim dan alasan topik harus dibuktikan pada bagian secara ringkas pada paragraph dan membuktikan itu dijabarkan secara ringkas pada kesimpulan.   Menurut Morton A.Miller, membaca dan menulis esai pendek Random House, 1980).  Alasan untuk menempatkan tesis statement dalam paragraf pertama dari essay atau segera setelah mungkin bahwa semakin cepat menyatakan itu, semakin besar kemungkinanuntuk tetap sadar ide utama dan semakin kecil kemungkinan mengembara dari gagasan  ketika menulis. 
Tujuan pernyataan thesis.  Tujuan tesis adalah untuk memberikan perintah  baik kepada pembaca dan penulis.  Hal ini dilakukan dengan jelas  menyatakan klaim sentral yang sepotong tulisan akan mencoba untuk membuktikan.  Penulis mengurus dalam pernyataan tesis untuk mengartikulasi argument setepat mungkin dan presisi ini memperjelas dan memfokuskan.  Sebagian besar, penulis harus bekerja dengan pernyataan tesis dinamis.  Salah satu yang berubah dan berkembang selama proses penulisan kata lain.  Pernyatan kerja tesis yang mengartikulasikan apa penulis tertarik untuk menjelaskan  akan cukup untuk membimbing penulis melalui dreft esai.  Tetapi kata-kata yang tepat pernyataan tesis tidak sesuai sampai  selesai, teknik college menulis: pernyataan tesis dan Bayond Wadwort, Cengage, 2011)  
Cara menulis critical review menurut e-book yang berjudul Helpsheet Critical review:  Wrting  Critical review in 10 steps:
Step 1, Skim the article you have to review to gain a general idea of what it is about. This process should take you about five minutes or less.
Step 2, Discuss the article with someone else. Write down general ideas or themes. Discussing the article may clarify your understanding and trigger some initial ideas.
Step 3, Read it again. This time, highlight sections which seem important, or better still, take notes of the important details. (The important things are the subject/s of the article, the conclusion/s of the writer and the arguments and/or data that the writer provides in order to reach his or her conclusion/s.).  Now check your notes with someone else. Note differences and similarities in the points you have written down. If there are major differences, go back and check the article.
Step 4, Check the main points with the article once more. Make sure your notes ‘agree’ with the points raised by the writer. (You should be able to point to evidence from the text to confirm that your notes are accurate.) Write out a quick “flow” diagram of the article which covers the main points of each paragraph. The point of the diagram should be to show the relationships between the main points in the article.
Step 5, Have a long, hard think about the article. Put the article aside and just think about what you have read. Good critical review writing does not take five minutes. It requires careful and clear thinking.
Step 6, Read your notes again and look at the diagram you have made. Can you think of any criticisms that you have about the article? (These may include questions, disagreements, doubts, etc.) You are not criticising the author here, just the points he or she has raised. These criticisms could relate to the:  theoretical claims, evidence, case method, statistical support, use of other writers’ arguments, etc.
Now, can you think of anything you agree with in the article? Perhaps you can think of a further application of one of the writer’s ideas, for example. Any strong response that you have to the article is generally useful. When you have finished, check your criticisms and agreements with those of another person.
Step 7, Now begin to write your introduction to the review. This should be about 10% of the total review. It should be short and should be largely in your own words. (Use the helpsheet Language for Citing to help you.) You will need to include in the introduction: a general overview of the article, an overview of your review (your approach to the article), an anticipation of your conclusion (what will you say about the major ideas expressed in the article).  In introducing the article, you should also mention:    the author’s name, the title of the article.  You should also reference the article using a conventional referencing system (a complete reference list should be included at the end of your review).
Below is a guide only; details have been left out.  Compare your version with the version of another person. It should be similar in structure but not in the details. Everyone’s review should be slightly different.
In this paper, I will discuss Pierre Ryckmans’ article ‘On the University’ (give reference). Ryckmans’ article is about (say what it is about ). In particular, he argues that (give a list of the main points). After summarising Ryckmans’ main points, I shall be claiming that (give a general overview of your main criticisms—don’t give any details here). In concluding, I shall show that (give a quick outline of your conclusion about the subject.)

Step 8, Now you need to write the body of the review. This must consist of summary and criticism sections in roughly equal proportions. The body could be written in either of these forms:
The important thing is that you balance your criticisms with an adequate summary of the author’s work.
Step 9, After you have written the body of the review, you need to write the conclusion. This should be about 10% of the review and should include a brief recap of the main points raised in the review, noting specifically where you have agreed and disagreed with the writer. The conclusion might also give your suggestions for further research work, or the contexts in which the work you have reviewed can be used.
Step 10, Leave your critique on your desk for a week or two before looking at it again. Carefully edit and proofread it before submitting it. (See helpsheet: Editing and Proofreading.)

Comments
0 Comments

0 comments :

Post a Comment