SATU JALAN UNTUK CRITICAL REVIEW


Class Review 7


SATU JALAN UNTUK CRITICAL REVIEW
(Alfiniya Fitrotur Rakhmah)

            Kata sejrah masih menjadi idol topik sekarang ini, hampir satu bulan clu ini dijadikan bahan tulisan. Sejarah juga tidak dapt berdiri sendiri tanpa tokohnya (sejarahwan). Satu dari sejrahwan yang sempat menjadi tenar atau fenomenal di Amerika adalah Howard Zinn, Zinn juga merupakan clu untuk kritikal review minggu-minggu ini di kelas saya. Denagn pengalamn hidup Zinn yang saya dapatkan berharap kritikal review lebih bagus lagi.

            Untuk menulis jenis apa pun tulisanya, kita sebagai seorang penulis tentu harus mempunyai bahan-bahan yang banyak, yang sekiranya tulisan kita dapat menarik banyak minat pmbaca. Dengan ini tentu kita juga tidak hanya sekedar menulis atau menjadi penulis yang biasa-biasa saja tapi juga menjadi enulis yang berani mengungkapkan suatu yang tersembunyi, setidaknya seperti Zinn. Tidak hanya itu dapt pual mengungkap apa yang disembunyikan. Hal ini tentu akan memunculkan spekulasi lain mengenai hal yang ditulis.ada ynag senang ada pula ynag terpojokan. Yang senag disini penulis dapat mengungkap hal yang sebelumnya tidak diketahui orang banyak. Jadi hal yang tersembunyi setidaknya dapat mebguntungkan dia yang terpojokan. Sedang yang terpojoan, mereka dikatakan berhenti atau ap yang sebelum orang tahu pembaca kenal tentang diadapat merubah pikiran pembaca karena hal baru terungkap.
            Suatu yang tersembunyi dapat terungkap merupakn kebanggan sendiri untuk penulis. Karena dia sukses memunculkan hal yang tadint tabu menjadi hal baru yang dapat diketahui orang banyak, tidak salah juga jika hal tersebut merupakna hal-hal ynga penting untuk pengetahuan pembacanya. Setelah mendapatkan nya hal-hal tersebut, penulis juga harus memikirkan bagaimana hal-hal itu dapat sampai pda pembaca dengan baik. Bagian ini penulis harus cerdik dan membuat tulisa menarik untuk dibaca yaitu denga mengolah asumsi-asumsi yang lain dengan baik agar apa yang akan disampaikan pada pembaca meeka dapat paham maksud hal yang akan disampaikan.
            Mengeluarkan atau mengungkap hal yamg tersembunyi, menghancurkan spekulasi dan mengolah asumsi merupakan modal untuk menjadi penulis yang kritik. Seperti Howard Zinn dengan bukunya A People History . isi dari karyanya juga tidak jauh dengan sejarah. Sejarah memang sangat penting untuk mengetahui asal usul kita. Sejarah juga dikatakan proses penciptaan manusia tanpa putus, penemuan jati diri dan dapt merubah pandangan seseorang. Sejarah sangat berpengaruh pada kehidupan manusia.
            Dari ketiga hal tersebut, tidak salah pula jika kita turuti atau dijadikan pembelajaran untuk menulis critical review. Tidak hanya dijadikan pembelajaran tapi uga modal untuk ciptakan karya tulis yang berbobot yang berani mengungkap ketidak jelasan atau ketabuan suatu masalah yang masih dalam spekulasi. Lagi, selain ketiga hal tersebut penulis atau kita lebh baik menulis dengan gaya atau peresepektif sendiri , tidak mengikuti karya yang sudah-sudah yang sudah banyak pula orang ketahui, tapi jadikan tulisan atau karya kita yang akan diketahui orang banyak dengan gaya yang berbeda.
            Selain menulis karya tulis dengsan persepektif sendiri , yang bisa memberikan sense untuk pembacanya. Penulis juga harus menjadikan discover yaitu menciptakan sumber-sumber lainkhusussnya sumber daya agar lebih baik lagi. Denagn tulisan yang sedikit berbeda atau berdekatan dengan pembuatam article. Penulis harus menjadi semogenesis yang hasil tyulisannya dapat dipahami dan maknai, tidak hanya dimengerti sendiri tapi aalnya penikmat tulsan yang menjadi target bacanya. Maka tugas penulis adalah membantu memahami pembaca.
            Setelah penulisan ilmiah dikembangkan, disisni ada istilah poet yang artinya gabungan historian  dengan linguistik yang dapat menghasilkan value. Ini dapat dijadikan kesimpulan dalam paper in karena poet sudah mencakup apa yang ada di dalmnay. Value juga merupakan hasil akhir ynag akan dicapai , tidak hanya pada target baca tapi juga penulis sendiri. Poet juga merupakan kebiasaaan dalam diri pembaca, ada pula imbas nyata dalam tulisan dari keseluruhannya yang dapat membantu tulisan lebih tersussun rapih dan bernyawa yaitu unity dan coherence yang mempengaruhi tulisan penulis.
Comments
0 Comments

0 comments :

Post a Comment